Membongkar Kedok Teroris

Catatan:

Ini adalah resume kajian Membongkar Kedok Teroris yang mengatasnamakan Islam & sikap Ahlussunnah terhadap Pemerintah serta anjuran untuk berpegang teguh dengan Alqur’an dan as-sunnah bersama Al Ustadz Muhammad Umar Al Sewed hafizahullohu di Masjid Mujahidin Slipi – Jakarta Barat. Jika ada ketidaksempurnaan maka itu adalah sebuah kewajaran, karena ana mencatat apa yang beliau sampaikan sesuai kemampuan.

A. Khawarij dan Asal Mulanya

  1. Asal mula munculnya Firqah ini adalah ketika Nabi Shollallohu ‘Alaihi Wa Sallam membagikan rampasan perang kepada 4 (empat) orang Quraisy lalu datang seseorang bernama Dzul Khuwaisiroh dengan wajah marah dan lantas menuduh Beliau Shollallohu ‘Alaihi Wa Sallam berbuat tidak adil.
  2. Sebagian sahabat bergegas ingin membunuh orang ini, namun dengan bijaknya Nabi Shollallohu ‘Alaihi Wa Sallam melarang lantas berkata, “Akan muncul dari orang ini keturunan-keturunan (pengikut) yang semisal”
  3. Dengan adanya fitnah Dzul Khuwaisiroh ini maka timbul pula kesan bahwa:
    • Dzul Khuwaisiroh tidak percaya bahwa Nabi Shollallohu ‘Alaihi Wa Sallam adalah utusan Alloh.
    • Dzul Khuwaisiroh tidak percaya bahwa Nabi Shollallohu ‘Alaihi Wa Sallam tidak berbicara karena hawa nafsu.

B. Ciri-ciri Khawarij
Ciri-ciri khawarij antaralain:

  1. Mengkafirkan Kaum Muslimin
  2. Membaca Al Qur’an tidak sampai pada kerongkongan (tidak menyerap tafsir dan maknanya)
  3. Membunuhi Kaum Muslimin
  4. Membiarkan orang-orang kafir
  5. Muda umurnya dan dalam keadaan bodoh (dangkal ilmunya) lantas berbicara dengan ucapan-ucapan Nabi Shollallohu ‘Alaihi Wa Sallam namun iman mereka tidak sampai pada kerongkongan. Adapun makna “muda umurnya” ialah:
    • Nafsu kepada dunia besar. Seperti Dzul Khuwaisiroh yang menuduh Nabi Shollallohu ‘Alaihi Wa Sallam tidak adil karena masalah ghanimah (rampasan perang)
    • Semangat untuk mengejar wanita.
  6. Semangat beribadah mereka, baik sholat, puasa maupun membaca Al Qur’an, jauh melebihi kita kaum Muslimin pada umumnya. Akan tetapi, khususnya dalam hal membaca Al Qur’an, mereka seringkali mengeluarkan dalil-dalil untuk membenarkan hujjah-nya namun mereka tak sadar bahwa justru dalil tersebut menyalahkan mereka
  7. Sebagian dari mereka memiliki ciri fisik tidak memiliki lengan namun ada daging menonjol seperti “buah dada” wanita dan memiliki rambut berwarna putih


Tentang ciri Khawarij ini, sahabat Ibnu Abbas rodhiyallohu ‘anhu juga memberikan gambaran sebagai berikut:

  1. Tidak ada seorang pun dari mereka yang berasal dari kalangan sahabat, sehingga tidak ada satupun yang pernah bertemu dengan Nabi Shollallohu ‘Alaihi Wa Sallam
  2. Tebal jidat dan telapak tangannya karena banyak sholat
  3. Badan kurus dan kulit menguning karena banyak puasa
  4. Membahas suatu perkara secara berlebihan. Sebagai contoh, mereka mempelajari bahasa Arab namun bukan untuk tujuan memahami Al Qur’an dan Sunnah, melainkan untuk mempelajari sastra Arab

C. Bagaimana Kita Menyikapi Khawarij ?
Ketahuilah bahwasannya khawarij itu adalah: (1). Anjing-anjing neraka dan (2). Sejelek-jeleknya makhluk. Ini adalah tahdzir (peringatan) akan bahaya penyimpangan khawarij,
Kita diharuskan untuk tidak memberikan tempat kepada orang-orang yang sudah jelas merupakan teroris maupun khawarij dan kepada mereka tidak ada basa-basi.
Kelompok yang paling jahat terbagi dua yakni: (1). Khawarij dan (2). Syi’ah.

Khawarij adalah kaum yang mendapat laknat Alloh, Para Malaikat dan semua manusia. Mereka memang lebih bagus dalam hal sholat, puasa, ibadah, ucapan-ucapan dan membaca Al Qur’an. Perlu diketahui, mereka khusyu di dalam sholat tetapi dibuat-buat, karena orang yang khusyu di dalam sholat tidak akan membunuh kaum Muslimin. Mereka juga membaca Al Qur’an namun hanya untuk sekedar membagus-baguskan bacaannya saja (misalnya melagukan).

Beberapa Permasalahan Penting dan Perlu Diketahui
Berikut adalah beberapa permasalahan yang perlu diketahui oleh kita dan merupakan resume dari sesi tanya jawab bersama Al Ustadz hafizahullohu:

  1. Kewajiban membayar pajak, gunakan kaidah mentaati penguasa sekalipun ia berbuat zhalim sampai memukul kita sekalipun.
  2. Kelompok yang membicarakan pemerintah, untuk menghukum mereka sebagai khawarij ada tahapan-tahapannya. Disamping itu ada juga yang demikian namun tidak berniat untuk menghimpun masyarakat untuk memberontak.
  3. Sururi tidak bermanhaj salaf, melainkan bermanhaj sururi. Kasus yang terjadi di negeri kita yakni Aman Abdurrahman menterjemahkan buku “Kafirnya Daulah Su’udiyah” yang isinya mengkafirkan daulah Saudi.
  4. Firqah Khawarij di negeri ini terbagi menjadi: Jama’ah Islamiyah (JI), Jama’atul Muslimin (Jamus), LDII dan NII (terpecah-pecah, dan salah satunya adalah NII KW9).
  5. Beda sururi dengan khawarij, berikut adalah beberapa catatan atas perkara ini:
    • Sururi nisbat kepada seorang tokoh bernama Muhammad Surur Zainul Abidin yang asalnya memiliki pemahaman khawarij, akan tetapi ia memiliki pemikiran baru yakni menggabungkan (mengayomi) dan mengakrabkan semua kelompok
    • Mengakrabkan ini bisa dibenarkan bila memiliki tujuan untuk mengembalikan mereka ke jalan kebenaran yakni mengikuti manhaj as salafus sholih.
    • Cara sururiyah mengayomi atau mengakrabkan itu antaralain:
      1. Ambil manhaj salaf
      2. Ambil semangat jihad kaum ekstrimis
      3. Ambil semangat jama’ah tabligh
      4. Ambil rapatnya barisan ikhwanul muslimin
    • Al Ustadz hafizahullohu sedikit membahas tentang bagaimana keberadaan Asy Syaikh Ali Hasan saat ini, beliau berkata bahwa Syaikh saat ini dalam keadaan dikritik khususnya menyangkut pemikiran yang mengarah kepada sururiyah, adapun ulama yang mengkritiknya diantaranya Syaikh Bazmul.
  6. Perbuatan bid’ah secara perlahan dapat mengantarkan pelakunya kepada kekufuran.

Itu sajalah resume atau catatan-catatan yang bisa diambil dari majelis ilmiah bersama Al Ustadz Muhammad Umar Al Sewed. Semoga bermanfaat bagi kita semua…amin. Bagi antum yang ingin share dipersilakan, namun ini hanya resume singkat, bukan catatan lengkap.

Sumber :
http://www.facebook.com/notes/aditya-al-indunisy/membongkar-kedok-teroris/186836219216b

Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s